TUJUH TAHUN LUMPUH, KONDISI SULASMI MULAI MEMBAIK

Sulasmi (65 tahun), warga Kelurahan Kaliombo, Kota Kediri menjadi bunga ranjang setelah mengalami stroke tujuh tahun silam. Ibu tiga anak ini diduga kelelahan menjaga warung hingga terserang stroke.

Sebelum sakit, Sulasmi menjaga warung miliknya di Kelurahan Pandean Gang III Kota Kediri. Warung itu menjadi tumpuan penghasilan untuk menghidupi keluarganya. “Sejak ibu terkena stroke, tidak bisa lagi berjualan,” kata Putri, anak perempuan Sulasmi.

Upaya menyembuhkan Sulasmi telah ditempuh keluarga. Termasuk membawanya ke rumah sakit dan menjalani rawat inap. Kondisi Sulasmi sempat membaik dan bisa berjalan setelah mengikuti terapi.

Namun sayangnya proses pengobatan itu tak berlangsung terus-menerus. Karena keterbatasan situasi, Sulasmi harus berhenti berobat. Sejak itu kondisi kesehatan Sulasmi terus menurun dan tergolek di ranjang. “Jangankan duduk, miring saja tidak mampu,” imbuh Putri.

Tak hanya itu, serangan stroke perlahan-lahan juga berdampak pada organ gerak alat bicara. Sulasmi tak lagi bisa berkomunikasi.

Di tengah kebingungan mencari upaya pengobatan, keluarga itu menemukan informasi layanan Homecare PEDULI Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran Kota Kediri. Layanan itu siap merawat pasien di rumah dalam situasi apapun.

“Cari-cari dari Facebook, akhirnya kakak saya (Septiana) dapat informasi soal homecare. Kakak langsung menghubungi dan direspon dengan cepat. Mereka datang ke rumah kami dan membawa ibu ke Gambiran,” kata Putri.

Setelah diperbolehkan pulang, Tim Homecare PEDULI tetap merawat Sulasmi di rumah hingga sekarang. Selain merawat kesehatan Sulasmi, Homecare PEDULI juga memberikan bantuan berupa kasur angin, pampers, alat rawat luka, hingga sembako.

“Alhamdulillah setelah dirawat Homecare PEDULI, ibu sudah bisa duduk. Sudah bisa berkomunikasi, meskipun sedikit-sedikit,” kata Putri bahagia.

Mereka berharap Sulasmi bisa sembuh seperti sedia kala setelah sebelumnya hanya terbaring di tempat tidur selama tujuh tahun.

Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri dr Fauzan Adima M.Kes. mengatakan program Homecare PEDULI memang diluncurkan untuk membantu pasien dengan keterbatasan berobat seperti Sulasmi. “Masih banyak pasien yang tidak bisa pergi ke rumah sakit meski biayanya sudah gratis. Untuk inilah Homecare PEDULI ada dan menjemput mereka ke rumah,” kata dr Fauzan Adima.

Sejak diluncurkan tahun 2016 silam, Homecare PEDULI sudah merawat ratusan pasien di Kota Kediri. Layanan ini menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kota Kediri untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (*)

*)Disampaikan oleh Humas RSUD Gambiran Kota Kediri

Foto terkait :

Leave a Comment

Pemerintah Kota Kediri
LPSE Kota Kediri
Dinas Kesehatan kota Kediri
Aduan Warga Kota Kediri
E-Katalog LKPP
DPM-PTSP Kota Kediri
Dispendukcapil Kota Kediri

Copyright © 2020 RSUD Gambiran Kota Kediri | All Rights Reserved

logo-rsud-gambiran