HASIL INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT RSUD GAMBIRAN TAHUN 2020
- Profil Responden
Responden dalam kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat RSUD Gambiran merupakan pengguna layanan RSUD Gambiran. Total sampel 370 responden dari populasi rata-rata populasi 12.843 pengguna layanan setiap bulan. Data tersebut dapat disajikan kedalam gambar di bawah ini
Gambar 1 Jumlah Responden Pengguna Layanan RSUD Gambiran Berdasarkan Jenis Kelamin
Berdasarkan gambar diatas dapat dijelaskan bahwa persebaran responden berdasarkan jenis kelamin sangat didominasi oleh perempuan. Pengguna layanan RSUD Gambiran paling banyak berasal dari perempuan sejumlah 52% (192 orang) sedangkan dari laki-laki sejumlah 48% (178 orang).
Gambar 2 Jumlah Responden Pengguna Layanan RSUD Gambiran Berdasarkan Usia
Berdasarkan gambar diatas dapat dijelaskan bahwa pengguna layanan RSUD Gambiran paling banyak berasal dari rentang usia 31-50 tahun sejumlah 58 % (216 orang). Untuk responden dari golongan pengguna layanan pada usia kurang dari 31 tahun sebanyak 22 % (80 orang). Pengguna layanan pada rentang usia lanjut diatas 50 tahun sebesar 20% (74 orang).
Gambar 3 Jumlah Responden Pengguna Layanan RSUD Gambiran Berdasarkan Jenjang Pendidikan
Berdasarkan gambar diatas dapat dijelaskan bahwa pengguna layanan RSUD Gambiran paling banyak berasal dari pengguna layanan dengan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas atau sederajat. Jumlah pengguna layanan terbanyak berasal dari jenjang pendidikan SMA sejumlah 46% (170 orang). Responden dengan latar belakang pendidikan S1 sejumlah 38% (142 orang). Responden dengan pendidikan SMP dengan jumlah 10% (35 orang). Responden dengan pendidikan SD masing-masing sejumlah 4% (16 orang). Responden dengan jenjang pendidikan S2 sebanyak 2 % (7 orang)
Gambar 3 Jumlah Responden Pengguna Layanan RSUD Gambiran Berdasarkan Pekerjaan
Berdasarkan gambar diatas, dapat dijelaskan bahwa pekerjaan pengguna layanan paling banyak berasal dari kategori pegawai swasta yaitu 30% (113 orang). Responden dengan pekerjaan dengan kategori lainnya sebanyak 91 orang (25 %). Responden dengan pekerjaan wirausaha sebesar 24% (89 orang). Pengguna layanan RSUD Gambiran berlatar belakang pekerjaan PNS 77 orang (21 %)
- Analisa Tingkat Kepuasan Masyarakat
Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat dapat disimpulkan bahwa nilai per unsur dari penyelenggaraan yang diberikan oleh RSUD Gambiran dapat dilihat pada gambar dibawah
Gambar 4 IKM RSUD Gambiran
Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada RSUD Gambiran maka dapat disimpulkan penilaian unsur yang tertinggi berada pada unsur biaya/tarif sedangkan unsur sarana dan prasarana menempati posisi paling rendah. Berdasarkan analisis data di dapatkan kesimpulan bahwa nilai dari Indeks Kepuasan Masyarakat RSUD Gambiran adalah Nilai Interval (NI) yaitu 3,4146 atau nilai interval konversi (NIK) yaitu 85,37. Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat tersebut dapat dinyatakan bahwa kinerja RSUD Gambiran pada tahun 2020 dinilai B (Baik).
Kelemahan Unit Kerja dan Kondisi Unit Pelayanan Publik
Kegiatan dari Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan adalah mengukur kecenderungan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Oleh karena itu, melalui kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat ini di dapatkan beberapa kelemahan yang ada di Unit Pelayanan Publik pada RSUD Gambiran yaitu:
Tabel Unsur Kelemahan RSUD Gambiran
Berdasarkan unsur kelemahan yang paling mendapatkan penilaian kurang dari masyarakat pada unsur sarana dan prasarana. Hal ini perlu mendapatkan perhatian dari RSUD Gambiran untuk meningkatkan pelayanan. Dari hasil SKM tahun 2020, pengguna layanan juga memberikan penilaian rendah pada unsur penyelenggaraan sarana dan prasarana. RSUD Gambiran sedang melakukan perubahan dengan gedung yang baru diharapkan sarana dan prasarana yang ada perlu mendapatkan perhatian dengan melakukan pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada demi meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pengguna layanan di RSUD Gambiran.