MENU BERGIZI, PRAKTIS, MURAH, SAAT PUASA RAMADAHAN DAN PANDEMI COVID-19

MENU BERGIZI, PRAKTIS, MURAH, SAAT PUASA RAMADAHAN DAN PANDEMI COVID-19

Dr. Rr.Hessi Harisawati, M.Kes.,Sp.GK

Klinik Gizi RSUD Gambiran Kota Kediri

 

Memasuki bulan puasa dengan pandemi covid-19 seperti saat ini, telah banyak dibahas di media massa  tentang bagaimana peran zat gizi untuk menjaga kesehatan, kebugaran sekaligus meningkatkan daya tubuh untuk menangkal covid-19. Baik itu melalui artikel-artikel, audivisual televisi, radio, dan melalui webinar-webinar dan media elektronik lain. Nah semua itu tentu telah memberikan bekal  pengetahuan gizi yang sdh cukup mumpuni  bagi masyarakat. Namun bagaimana sih sebenarnya menerapkan pengetahuan yang sudah didapat itu  dalam menu kita sehari-hari ? Apalagi dengan adanya pandemi covid-19 ini berdampak buruk pada ekonomi sebagian besar masyarakat  yang berakibat usaha dan daya beli yang makin menurun. Sehingga menu makanan  yang akan disusun menyesuaikan dengan kondisi masyarakat saat ini. Berbelanja bahan makanan diupayakan hemat namun tetap memenuhi gizi untuk mencegah penyakit covid-19.  Nah berikut  cara praktis  menyusun menu yang  sesuai standar kebutuhan orang dewasa  muda ( +2100 kkal).

  1. Menu Buka Puasa
Pembuka Shalat Magrib Makan utama
Semangka 150 gr (1 potong besar) Nasi  200 gr ( 2 centong )
Air putih 250 ml (1 gelas)  Ikan bandeng  100 gr ( 1 potong  besar)
Ubi rebus 200 gr (2 potong sedang) Tahu goreng 100 gr (2  potong sedang)
Air putih 250 ml (1 gelas) Sayur  bayam bening 150 gr (1,5 gelas)
Semangka 150 gr (1 potong besar)
Air putih 500 ml  (2 gelas)

 

2. Sesudah Shalat Tarawih (jam 20.00 – 22.00)

Ubi rebus  200 gr ( 2 potong  sedang)
Kacang tanah goreng  20 gr (2 sendok makan)
Semangka 150 gr (1 potong besar)
Air putih 500 ml (2 gelas)

3. Menu Sahur

Nasi putih 200 gr ( 2 centong )
Telur ayam ceplok 60 gr  ( 1 butir besar)
Tempe bacem  80 gr (2 potong sedang)
Cah kangkung tomat 150 gr (1,5 gelas)
Semangka  150 gr (1 potong besar)
Air putih  500 ml (2 gelas)

Menyusun menu hari-hari berikutnya sebaiknya berganti dengan makanan yang setara. Misalnya buah

semangka bisa diganti dengan buah lain seperti pisang, pepaya dengan harga yang masih terjangkau.  Sayur diganti dengan terong , kacang panjang, sawi dan lainnya. Ketela bisa diganti singkong, tales dan sebagainya. Ikan bisa diganti dengan daging ayam, daging sapi dan jenis ikan lainnya. Bila dirasa mahal, maka telur bisa menjadi  pengganti  ikan, daging  ayam atau daging sapi, karena telur harganya relatif terjangkau. Jadi bila tidak ada ikan, daging ayam atau daging sapi bisa diganti dengan telur karena nilai gizinya setara.

Jangan selalu kepikiran bila tidak minum tambahan/suplemen makanan atau vitamin tubuh tidak dapat menangkal penyakit khususnya covid-19. Suplemen vitamin dan mineral tidak dibutuhkan bila konsumsi protein, sayur dan buah pada saat sahur dan buka sudah terpenuhi. Tidak perlu membeli tambahan tablet/minumam vitamin dan mineral sehingga uang bisa dihemat.

Contoh menu menggambarkan dengan menu yaang gampang membuatnya, tidak ribet, kita mendapatkan makanan yang cukup murah dan bergizi dari makanan kita sehari –hari  saat pandemi covid-19 dan dalam  bulan puasa Ramadhan. Jangan lupa minum air putih yang cukup. Sehingga tubuh kita tetap sehat terhindar dari penyakit covid-19  dan ibadah kita di bulan Ramadhan menjadi sempurna.

 

 

 

 

Leave a Comment

Pemerintah Kota Kediri
LPSE Kota Kediri
Dinas Kesehatan kota Kediri
Aduan Warga Kota Kediri
E-Katalog LKPP
DPM-PTSP Kota Kediri
Dispendukcapil Kota Kediri

Copyright © 2020 RSUD Gambiran Kota Kediri | All Rights Reserved

logo-rsud-gambiran