GANJA, OBAT ATAU BUKAN?

Langkah Kementerian Pertanian (Kementan) memasukkan tanaman ganja (Cannabis sativa) sebagai komoditas binaan tanaman obat memicu pro kontra. Lantas apa dampak mengkonsumsi ganja bagi tubuh?

OTAK

Mengkonsumsi ganja dalam jumlah banyak akan mengganggu kemampuan berpikir. Ini karena terhapusnya memori hingga menghambat fungsi otak. Pengguna ganja akan mengalami perubahan struktur tertentu pada otak jika mengkonsumsi dalam jangka panjang.

PARU-PARU

Kandungan tar pada ganja hampir tiga kali lipat lebih tinggi dari tar tembakau dalam rokok. Asap yang dihasilkan dari pembakaran ganja juga memiliki kandungan zat penyebab kanker. Akibatnya, risiko kanker paru-paru bisa semakin tinggi, terutama jika pemakaian ganja dalam waktu lama.

MENTAL

Penggunaan ganja yang berlebihan juga bisa mengganggu kesehatan mental. Misalnya, menyebabkan kambuhnya gejala psikosis pada mereka yang mengidap skizofrenia. Dampak lainnya adalah halusinasi, delusi, meningkatkan rasa cemas, dan serangan panik.

SISTEM IMUN

Ganja bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan kaitan penggunaan ganja dengan meningkatknya risiko terkena penyakit yang melemahkan kekebalan tubuh, seperti HIV/AIDS.

PEREDARAN DARAH

Detak jantung akan meningkat beberapa saat setelah menghisap ganja. Efek ganja ini bisa berlangsung sampai tiga jam. Hal ini membahayakan bagi mereka yang mengidap penderita penyakit jantung dan menyebabkan risiko serangan jantung. Selain itu, ganja juga menyebabkan tekanan darah naik dan membuat mata menjadi merah karena pembuluh darah melebar.

KEHAMILAN DAN MENYUSUI

Ganja selama kehamilan juga mempengaruhi perkembangan otak janin. Tidak hanya itu, ganja bisa memperlambat pertumbuhan janin, menyebabkan kecacatan dan gangguan pada janin, meningkatkan risiko bayi lahir prematur, serta leukimia. Pada ibu menyusui, zat kimia dalam mariyuana yang disebut tetrahydrocannabinol (THC) masuk ke dalam ASI dan menghambat pertumbuhan bayi.

 

Source: halodoc

Leave a Comment

Pemerintah Kota Kediri
LPSE Kota Kediri
Dinas Kesehatan kota Kediri
Aduan Warga Kota Kediri
E-Katalog LKPP
DPM-PTSP Kota Kediri
Dispendukcapil Kota Kediri

Copyright © 2020 RSUD Gambiran Kota Kediri | All Rights Reserved

logo-rsud-gambiran